Sandal Unik Purworejo Terkenal hingga Mancanegara

Liputan6.com, Purworejo: Siapa sangka sandal jepit yang fungsinya dipakai sebagai alas kaki bisa menjadi barang bernilai seni tinggi? Di Purworejo, sandal yang biasa dinggap sebagai barang murahan, oleh seorang warga Kelurahan Perum Korpri, Asrifah disulap menjadi cantik dan indah. Berbekal peralatan sederhana seperti gunting, lem tembak, dan kain fanel, sandal yang semula boleh dibilang tidak menarik perhatian menjadi sesuatu yang unik, lucu, dan menarik.

Kepada SCTV, Jumat (18/3), Asrifah mengaku banyak konsumen yang melirik sandal jepit unik karyanya, terutama anak-anak dan remaja perempuan. Asrifah mengaku usahanya tak akan bisa berjalan tanpa keuletan dan kesabaran dalam mengerjakannya.

Untuk pembuatan kerajinan satu ini tidaklah sulit, karena bahan-bahannya mudah didapat. Dalam sehari, Arifah mengaku mampu membuat 20 buah sandal unik. Pembuatan sandal dibantu ibu-ibu rumahan sebagai karyawannya. Sementara sandal jepit dijual dengan harga bervariasi yakni mulai Rp 17 ribu hingga Rp 20 ribu per pasang.

Kini, kerajinan sandal unik milik Asrifah tak hanya digandrungi konsumen lokal tapi sudah merambah ekspor ke pasar luar negri seperti Belanda, Amerika Serikat, dan Jepang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s