Menghapus Derita Kaki

Karena letaknya di bawah, bagian tubuh bernama kaki kerap terabaikan. Padahal sehari-hari area ‘berbau’ ini menanggung beban terberat.Tak cukup menopang tubuh, tapi juga beban belanjaan, tas, hingga menjejak gas kendaraan.

Kaki juga menjadi sasaran belaian saat di ranjang bersama pasangan.

Coba kita cermati aktivitas kaki kita. Selain berdiri, berjalan, atau berlari, saat duduk tak sadar kita menyiksa kaki dengan menopangkannya di atas paha. Belum lagi jika berjam-jam memakai sepatu hak tinggi dan seharian berkeliling di mal.

Sebenarnya menyayangi kaki tidak sulit. Dilansir secretchina, perawatan kaki bisa dengan cara yang mudah yaitu mengurut bagian tengah telapak kaki dengan tekanan cukup dan dilakukan berulang kali.

Cara ini bagus untuk melemaskan otot-otot di daerah telapak kaki yang kaku akibat tekanan pada alas kaki yang keras dan permukaan jalan yang keras serta tidak rata sehingga menyakiti kaki.

Tak Cukup Hanya Istirahat

Setiap kaki memiliki 26 batang tulang, 33 sendi dan aneka macam urat serta otot. Jika terjadi masalah pada kaki,terutama nyeri, tidak cukup hanya dengan berbaring untuk mengistirahatkan kaki.

Rasa nyeri di kaki (bagian telapak dan punggung) terkadang disebabkan tarikan urat tumit atau otot betis yang kencang.

Dijelaskan dalam secretchina, kedua penyebab ini berkemungkinan menyebabkan pergelangan kaki tertekan dan tidak dapat bergerak bebas. Jika sepanjang hari Anda lebih banyak berdiri, cobalah injakkan kaki di bidang datar yang menonjol lalu gerakkan kaki perlahan.

Bola tenis atau bola golf juga bisa dimanfaatkan sebagai peredam nyeri kaki dan mencegah kram. Caranya, letakkan telapak kaki di atasnya dan gelindingkan dari depan ke belakang berulang kali minimal satu menit.

Pijat Refleksi Sehat

Salah satu cara menjaga kesehatan dari budaya Tiongkok ini, banyak yang menganggap hanya untuk pengobatan bagiyang punya penyakit. Padahal pijat refleksi bisa diterapkan untuk semua usia meski tidak punya penyakit. Pijat refleksi bahkan efektif pula untuk mengatasi depresi dan mengurangi stres khususnya pada wanita.

Wati Amanto, supervisi terapis spa Miracle Aesthetic Clinic di Surabaya mengatakan, pijat refleksi untuk mengatasi
kelelahan pada kaki sekaligus mempermudah kesembuhan beberapa gangguan kesehatan pada wanita.

Semisal haid kurang lancar atau nyeri haid berlebihan, endometriosis, tumor yang ada di uterus penyebab keputihan atau pendarahan, dan stres atau depresi.

Lakukan refleksi selama 30 menit setiap 1-2 minggu sekali untuk pengobatan dan sebulan sekali untuk menjaga
kesehatan; ujar Wati.

Pemijatan dilakukan pada titik refleksi rahim dan ovarium yang terletak di bagian belakang pergelangan kaki yang lembut di dekat mata kaki. Pada wanita menopause yang mengalami berbagai keluhan akibat ketidakseimbangan hormon, pijat refleksi bisa membantu mengatasi gangguan menopause dan mencegah osteoporosis dalam jangka panjang. Pemijatan refleksi pada masalah ini dilakukan pada titik refleksi tulang belakang dan otak untuk melemaskan otot dan mengontrol metabolisme pada titik kelenjar tiroid.

Sedangkan pijat refleksi untuk mengatasi depresi dilakukan pada kelenjar-kelenjar endokrin untuk mengatur hormon, menjaga irama tubuh, serta keseimbangan fungsi biokimia agar kadar emosi stabil.Jika kondisi tubuh normal atau sehat, terutama tidak punya penyakit diabetes, perawatan kaki bisa dengan cara sederhana, tapi tidak jika sebaliknya. Terpenting adalah melancarkan peredaran darah di kaki dan mencegah kaki dari risiko cedera dan infeksi.

Berikut beberapa tips terbaik untuk menjaga kesehatan kaki:

* Jaga Kecepatan

Sesuaikan kecepatan kaki dengan kemampuan tubuh. Jika bertubuh gemuk, hindari aktivitas lari karena membebani tubuh, rentan menimbulkan cedera kaki, dan membuat napas ngos-ngosan. Ganti lari dengan jalan cepat tapi tingkatkan kemampuan bertahap jika Anda seorang pemula atau jarang berjalan kaki lebih dari 10 menit sekali berjalan.

* Pilih Alas Nyaman

Jika setiap hari Anda lebih banyak berdiri atau berjalan, tidak bisa tidak harus memilih alas kaki ternyaman, alias tidak membuat jari-jari kaki terjepit, tidak menekan telapak kaki, dan tidak menimbulkan iritasi. Pilih alas kaki yang punya bantalan yang empuk dan berhak sedang, tidak terlalu tinggi dan tidak pula datar karena hak datar juga membuat telapak kaki nyeri. Hak sepatu 3-5 sentimeter adalah yang ternyaman untuk kaki. Jangan terpaku pada penampilan fisik  alas kaki tapi saat dipakai malah menyakiti kaki.

* Keringkan

Pastikan jari dan seluruh bagian kaki benar-benar kering sebelum memakai alas kaki, apalagi berkaus kaki. Jari atau kaki yang basah menimbulkan masalah bau tak sedap di kaki dan gatal karena bakteri.

* Pedikur

Urusan pedikur tidak hanya urusan perempuan dan bergenit ria. Saat pedikur, kuku akan dibersihkan lebih maksimal dan dirawat sehingga pertumbuhan kuku jadi lebih baik. Kalaupun tidak mau ditambahkan kuteks tidak masalah.

* Lancarkan Aliran Darah

Jangan menyilangkan atau menopangkan kaki ke kaki satunya ketika Anda duduk. Biarkan kaki dalam posisi tegak lurus dengan paha atau luruskan kaki dengan menopangkannya di atas bangku di depan kursi yang kita duduki. Berdiri dalam posisi tegak dan letakkan kedua kaki di atas alas yang lebih tinggi dari kepala ketika kita berbaring.

* Air Putih Cukup

Minum air putih minimal satu gelas sebelum tidur malam hari karena dehidrasi atau kurang minum cairan bisa menyebabkan kram pada kaki di tengah tidur.

* Rendam Air Hangat.

Sempatkan merendam kaki dalam air hangat sebelum tidur dan bisa menambahkannya dengan garam khusus kaki sehingga otot kaki lebih lemas.

* Pijat

Luangkan waktu setidaknya sebulan sekali (idealnya dua minggu sekali) untuk melakukan pijat kaki atau pijat refleksi. Perawatan ini bagus untuk menjaga kesehatan seluruh tubuh sekaligus mengusir kelelahan kaki dengan cepat.

Sumber: ponorogozone.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s