Beberapa Cara Merawat Tumit Kaki

Seringkali merawat kaki luput dari perhatian kita, terutama kaum perempuan. Padahal ada pepatah yang mengatakan bahwa pria seringkali melihat kaki sebagai patokan untuk menilai seorang wanita. Padahal sebenarnya merawat kaki tidak sulit. Anggota badan yang satu ini perlu diperhatikan kesehatannya. Pasalnya, kelainan pada kaki bisa menganggu aktivitas kerja sehari-hari.

Dibandingkan dengan bagian tubuh lain, kaki memang sering telantarkan. Padahal peran kaki pada seseorang tidak kalah penting dibandingkan bagian tubuh lain. Banyak sekali masalah yang kita alami dengan kaki kita. Khususnya tumit. Bermacam-macam kelainan pada kaki seperti pecah-pecah pada bagian tumit, kaki lecet, mata ikan, eksem, jamur pada kulit dan kuku, bisa diderita siapa saja. Gangguan bisa juga gara-gara sepatu yang kurang tepat, terlalu tertutup atau terlalu banyak berdiri dengan sepatu tumit tinggi. Pada punggung kaki bisa juga tumbuh jamur, tentunya hal ini sangat mengkuatirkan. Sebaiknya rawat lah kaki mulai dari sekarang.

Cara merawat yang baik

* Rendamlah kaki ke dalam ember kecil yang sudah diisi dengan air hangat yang sudah diberi sabun cair.

* Gunakan alat untuk mengamplas bagian kaki yang kasar pada bagian tumit. Gosoklah bagian itu dan bagian kasar lainnya secara perlahan-lahan. Alat pengamplas ini dapat diganti dengan batu apung.

* Setelah itu bersihkan kaki dan keringkan dengan handuk.

* Lalu bubuhkan lotion khusus (cuticle lotion) untuk melembutkan bagian kutikula pada kuku. Ini penting, karena kutikula kadang membuat kuku kehilangan keindahan dan kebersihannya. Lalu, doronglah kutikula ke arah tumbuhnya kuku dengan menggunakan stik khusus. Hendaknya semua dilakukan dengan santai dan cermat, jangan sampai melukai jari kaki. Setelah selesai bersihkan ujung jari kaki dan lakukan pemijatan pada kaki dengan memakai foot cream atau dapat diganti dengan baby lotion.

* Atau Anda dapat mencoba resep ini: 1 sendok teh madu, 1 sendok teh minyak sayur, 1/4 sendok teh perasan jeruk lemon. Caranya: Campurkan madu, minyak sayur dan jeruk lemon pada mangkuk kecil. Kemudian gosokkan pada tumit, siku atau lutut yang kering. Diamkan selama 10 menit. Kemudian basuhlah dengan air dingin. Lakukanlah minimal seminggu sekali.

# Jagalah agar kaki selalu bersih. Setelah kaki dicuci, keringkanlah baik-baik khususnya pada sela-sela kaki.

# Usahakan mengenakan alas kaki untuk menghindari trauma dan kotor pada kaki.

# Pakailah sepatu dengan ukuran yang sesuai. Jangan mengenakan sepatu yang terlampau sempit dan tumit terlalu tinggi. Sepatu dengan tumit terlalu tinggi dan kecil khususnya bagi mereka yang pekerjaan sehar-harinya banyak berdiri, akan sangat membebani kaki dan mengganggu aliran darah. Akibatnya akan lebih mudah terbentuk varises dan trauma kaki lain. Jangan biarkan kaki menjadi lembap

Untuk mencegah kelembapan pada kaki serta jari-jarinya pada posisi yang sama, hendaknya dimiliki sepatu lebih dari satu pasang untuk dikenakan secara bergantian. Setelah mengetahui bahwa kesehatan kaki merupakan hal yang seharusnya tidak diabaikan, maka penting diketahui cara merawat kaki untuk mencegah terjadinya penyakit atau kelainan yang tidak diinginkan. Cara mendapatkan kaki dan kuku yang sehat sebenarnya tidaklah sulit, apabila kita mau memperhatikan hal-hal kecil yang terjadi pada kaki kita

Sumber: susukolostrum.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s