Kaki Sehat dengan Gigitan Ikan

Kaki menjadi bagian dari tubuh yang sangat penting. Selain harus sehat, keindahan kaki juga harus dijaga. Dengan fish spa, Anda bisa mendapatkan dua-duanya, kaki sehat dan indah.

Memiliki kaki sehat terawat adalah dambaan setiap orang. Namun, terkadang kita menyepelekan bagian tubuh yang satu ini, padahal perawatan kaki sangat penting. Tak hanya membuat kaki sehat, tetapi juga indah. Banyak cara untuk mendapatkan kaki sehat dan indah. Salah satunya adalah dengan terapi ikan. Terapi ikan ternyata bisa dijadikan sebagai satu alternatif untuk mendapatkan kaki yang sehat. Bahkan tidak hanya kaki yang bisa disehatkan, tetapi juga bagian tubuh lain, sampai pada masalah insomnia atau sulit tidur.

Rurin Afifah misalnya, wanita yang berstatus mahasiswa berumur 20 tahun ini memiliki penyakit insomnia yang sudah di alaminya sejak tiga tahun yang lalu. Beberapa cara atas anjuran dokter pun sudah dijalankan, termasuk di antaranya dengan minum obat tidur. Namun, sudah beberapa bulan ini dia memiliki hobi baru, yaitu spa ikan di beberapa tempat.
”Setiap ada beberapa tempat terapi ikan, saya pasti mencobanya, karena sudah beberapa kali saya ikut spa ikan, insomnia saya pun lama kelamaan sembuh,” aku mahasiswa Malaysia ini. Rurin mengaku fish spa yang terletak di Water Bom Pantai Indah Kapuk dipilihnya karena dekat dengan rumah dan bayarannya pun tidak terlalu mahal.

Mia Lurindi Sari, terapis Fish Spa The Original, mengatakan bahwa dengan melakukan perawatan kaki dengan fish spa, kaki pun akan menjadi bersih dan menjadikan kulit bersih dan lembut sekaligus yang utama adalah sehat.
”Cara sehat yang didapatkan dari spa ikan ini cukup mudah dan singkat. Mereka yang ingin melakukan spa ikan, cukup celupkan kaki sebatas lutut ke dalam akuarium berisi ribuan ikan Garra Rufa. Ikan-ikan tersebut segera menyerbu dan mematuki kulit mati di sekitar kaki hingga betis dengan cara menyedot bukan menggigit,” jelas Mia.
Beberapa sensasi pun dirasakan bagi mereka yang mencoba sehatkan kaki dengan spa ikan yang bisa digunakan untuk semua umur ini. Ada yang merasakan sensasi seperti ”kesemutan” atau ”nyetrum” dan beberapa anak-anak pun tertawa kegelian saat merasakan spa ikan yang juga banyak digemari anak-anak ini.

”Beberapa manfaat dari fish spa ialah dapat menghilangkan sel kulit mati, mengatasi beberapa gangguan kulit, merangsang pertumbuhan sel kulit baru, merangsang titik-titik akupunktur dan melancarkan sirkulasi darah, dan bisa membuat perasaan santai dan nyaman sehingga akan menyehatkan badan dan pikiran,” jelasnya.
Mia menjelaskan, fish spa yang digunakan umumnya ialah ikan Chin-Chin atau yang dikenal dengan Kiss Kiss Fish dari China, atau yang juga gerainya gunakan adalah ikan Garra Rufa orisinal, yang banyak juga disebut sebagai ikan dokter (dr.Fish) yang berasal dari Timur Tengah, tepatnya Turki.

”Ikan Garra Rufa memiliki kelebihan dibanding dengan ikan Chin-Chin, di mana ikan Garra Rufa ini hanya mengisap kaki orang yang melakukan terapi saja, tidak seperti ikan Chin-Chin yang menggigit dan bisa menyebabkan luka,” jelas Mia. Sedangkan ikan Chin-Chin diduga dapat menjadi pembawa (carrier) penyakit dari satu orang ke orang lain ketika digunakan dalam fish spa komersial.
Mia melanjutkan, manfaat lainnya dari spa ikan ini ialah untuk mengurangi rasa gatal dan tapak bekas luka di kaki, sehingga terapi ini pun cocok bagi mereka yang mengalami gangguan kulit seperti eksim, neurodermatis, bahkan psoriasis.

Ahli akupunktur, dr Sonya Purba SH SpAkp, mengatakan bahwa zaman sekarang ini sudah banyak sekali tempat-tempat untuk menjadikan seseorang sehat, baik untuk menyehatkan kaki maupun tubuh. Termasuk spa ikan yang juga sudah banyak digunakan di luar negeri ini.
”Menurut saya, sepanjang perawatan ikan dan akuarium atau kolam ikan itu baik, spa ikan ini termasuk aman dan baik untuk kesehatan,” tutur ahli akupunktur lulusan Beijing ini.
Sonya mengatakan, setiap saat kulit mengalami pertumbuhan dan mengalami pergantian, di mana saat itu tidak semua kulit mati lepas dengan sendirinya, ada juga yang tertinggal. Dan dari sanalah, ikan-ikan dengan jenis tertentu dapat menyedot sel-sel kulit mati.

”Sedotannya itu, memberikan sensasi sama dengan elektromagnetik pada akupunktur. Titik-titik akupunktur pada telapak kaki banyak yang menyentuh dan akhirnya mempengaruhi kesehatan jantung,” jelas wanita yang berpraktik di daerah Jalan Gubernur Budiono No 7 Semarang.
Sonya yakin bahwa titik-titik pada kaki ini banyak sekali yang mengarah pada kesehatan jantung. Di mana sensasinya sama dengan titik-titik elektromagnetik yang bisa melancarkan peredaran darah sehingga kaki merasa ringan.

”Kaki yang relaks bisa mempengaruhi kesehatan seluruh tubuh,” tandas akupunktur yang sempat berpraktik di Klinik Yin Yang Ruko Cempaka Mas ini.

Sumber: surabaya-metropolis.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s