Sepatu Tepat, Kaki Sehat

Sepatu merupakan aksesoris penting yang dapat menunjang penampilan kita dan membuat kita lebih percaya diri. Sepatu dibutuhkan hampir di setiap kegiatan seperti untuk bekerja, olahraga, bepergian atau saat sedang bersantai.

Tapi banyak orang yang hanya mementingkan penampilan tanpa mempedulikan kesehatan kaki. Mau tahu bagaimana memilih sepatu yang tepat untuk Anda? Ini tipsnya:

1. Pilihlah sepatu dengan bahan yang bagus.
2. Sol sepatu harus kuat dan fleksibel pada seluruh permukaan sepatu.
3. High heels (sepatu hak tinggi) sebaiknya tidak dipakai terlalu lama, karena bisa membuat back ache.
4. Pilihlah sepatu yang nyaman saat dipakai berjalan.
5. Sebaiknya membeli sepatu pada sore hari, karena kaki akan membesar pada saat itu.
6. Pilih sepatu yang lebih lebar daripada kaki depan anda.
7. Tempat untuk jari kaki anda harus cukup luas, sehingga Anda dapat menggoyangkan kaki Anda

Seperti dilansir dari footcare.ygoy, Minggu (19/7/2009) ada beberapa orang yang menggunakan orthopedic shoes. Beberapa orang yang membutuhkan orthopedic shoes adalah jika Anda memiliki kaki yang sangat lebar, pembengkakan ibu jari. Tapi jika Anda memiliki penyakit kaki yang kronik, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum membeli sepatu.

Jika ingin membeli running shoes (sepatu untuk lari), ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu, lihat bagaimana bentuk kaki anda. Jika Anda adalah seorang off-road runner, pertimbangkan jejak sepatu lari untuk menjaga keseimbangan pada daerah yang tidak merata. Jika Anda ingin menggunakannya pada jarak jauh memerlukan
sepatu yang bisa memberikan dukungan tambahan dan lebih lama.

Jika Anda penggemar high heels (sepatu hak tinggi), pastikan memilih ukuran high heels yang tepat, pada saat membeli berdiri dan cobalah untuk berjalan. Jika pada saat Anda mencoba sepatu anda bergoyang maka itu merupakan tanda bahwa high heels tersebut tidak pas. Pilihlah high heels yang sesuai dengan tempat Anda berkunjung.

Berikut tipe sepatu yang cocok untuk beberapa tipe kaki:
1. Normal Foot, ini adalah ukuran normal dan akan meninggalkan basah tapak yang memiliki gelombang, antara tumit dan jari depan terhubung dengan lebar. Sepatu yang baik untuk kaki jenis ini adalah sepatu stabilitas dengan fitur kontrol moderat.
2. High-Foot-Arched, ini meninggalkan jejak kaki dengan jarang yang sempit atau tidak ada batas antara jari depan dengan tumit. Jawaban jenis sepatu yang nyaman (atau ‘netral’) untuk kaki jenis ini adalah sepatu dengan banyak fleksibilitas untuk mendorong gerakan kaki.
3. Flat Foot, ini memiliki alas rendah dan meninggalkan jejak seperti seluruh kaki. Biasanya menunjukkan kaki overpronated. Seiring waktu, hal ini dapat menyebabkan berbagai jenis overuse cedera. Sepatu terbaik untuk kaki jenis ini adalah sepatu dengan gerakan kontrol, atau sepatu stabilitas tinggi.

Jadi, cermatlah dalam memilih sepatu, agar Anda merasa nyaman dalam menggunakannya dan tidak menimbulkan sakit kaki setelah menggunakannya.

Sumber:detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s