Tips Perawatan Kaki Sehat

KAKI kelihatannya hampir mirip dengan tangan. Tetapi, kaki tidak selalu mendapatkan perawatan yang sama dengan tangan. Karena tangan lebih sering terbuka, maka kita biasanya lebih memperhatikannya dengan melakukan manicure, memakai krim serta lotion. Kadang-kadang, kita mungkin dengan mudahnya mengabaikan kaki. Padahal hal ini bisa mengakibatkan kuku jari kaki menjadi kuning dan tebal, kulit kaki jadi kering dan mengelupas, serta bisa mengakibatkan terjadinya penyakit seperti infeksi. Perawatan kaki tidaklah sulit, Anda bisa mencoba beberapa tip sederhana berikut.

1. Jangan lupa cuci kaki sebelum tidur.
Jika Anda membiarkan kotoran menempel di permukaan kulit, maka kulit bisa mengalami iritasi dan infeksi. Jadi, pastikan Anda mencuci kaki setiap malam dengan sabun dan air hangat.

2. Setelah mencuci kaki,
jangan lupa keringkan kaki Anda. Tapi jangan digosok, dekatkan handuk secara perlahan. Kemudian pakailah krim pelembab kaki (bukan body lotion).

3. Pijat kaki.
Manjakan kaki Anda dengan pijatan lembut. Anda bisa menggunakan olive oil, yogurt, susu hangat, atau jus lemon. Pijatlah kaki secara perlahan, pastikan jangan ada bagian kaki yang tertinggal.

4. Jika Anda menggunakan
yogurt untuk memijat, sebaiknya cucilah kaki dengan air hangat hingga bersih. Tetapi, jika Anda menggunakan olive oil, biarkan beberapa saat. Olive oil bagus untuk kulit Anda.

5. Jangan lupa membersihkan kulit
yang mengeras dengan menggunakan batu apung secara teratur.

6. Jangan lupa potong kuku Anda dengan arah lurus.
Jangan pernah memotong dari sisi sudut atau bawah. Hal ini bisa menyebabkan kuku kaki tumbuh ke dalam.

7. Jika Anda harus mengenakan sepatu
berhak tinggi saat bekerja, sebaiknya gunakan sepatu yang nyaman saat pergi dan pulang kerja. Sepatu hak tinggi Anda cukup dipakai saat di kantor saja. Selain itu, variasikan hak sepatu Anda, dari yang rendah, sedang hingga tinggi.

8. Jika hendak membeli sepatu, belilah di siang hari. Kaki akan mengembang seiring dengan berjalannya waktu setiap hari dan akan berada pada ukuran terbesar di siang hari. Jika sepatu yang Anda beli cocok dengan ukuran kaki Anda di siang hari, maka bisa dipastikan kalau sepatu tersebut akan selalu nyaman untuk dipakai.

9. Pahami kaki Anda. Pastikan Anda hanya memakai sepatu hak tinggi hanya pada acara tertentu saja.

10. Pastikan Anda mengganti kaus kaki setiap hari.

11. Jangan lupa memakai sandal jepit
di tempat umum seperti kamar mandi di gym, kolam renang, atau kamar mandi hotel. Hal ini untuk menghindari munculnya kutil pada kaki.

Bagaimanapun juga, perawatan kaki sangat penting. Hal ini karena kaki mengandung unsur penting yang mendukung kesehatan Anda secara umum. Berikut fakta penting seputar kaki:

  • Masing-masing kaki mengandung 26 tulang dan lebih dari 100 ligamen.
  • Kaki Anda mengandung lebih dari 1/4 tulang yang Anda di tubuh Anda
  • Kulit kaki Anda mempunyai 7000 saraf.
  • Masing-masing kaki mempunyai lebih dari 125.000 kelenjar keringat. Jumlah yang lebih banyak dibandingkan bagian tubuh manapun.
  • Kaki Anda memproduksi satu mangkok kecil (mangkok tempat merebus telur) keringat setiap harinya.

Sumber: mediaindonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s