Agar Sepatu Kesayangan Tak Cepat Rusak

Banyak wanita memiliki kecenderungan menjadi kolektor sepatu. Sepatu memang seperti ‘sahabat’ wanita. Apalagi jika memiliki sepatu favorit atau kesayangan yang memiliki efek psikologis positif, seperti meningkatkan kepecayaan diri.

Biasanya sepatu favorit ini sering digunakan dan membuatnya cepat rusak. Untuk menghindarinya dan agar tetap tahan lama ada lima cara yang bisa Anda lakukan.

– Jangan gunakan sepatu selama dua hari berturut-turut
Sepatu butuh waktu untuk sirkulasi udara selama 24 jam sebelum Anda gunakan kembali. Jika Anda terus menerus menggunakannya bahannya akan terus-menerus tertarik dan menjadi rapuh sehingga cepat sobek.

– Hindari menyetir dengan sepatu tumit tinggi
Bagi Anda yang mengendarai mobil, hindari menggunakan sepatu tumit tinggi saat menyetir. Hal itu karena saat menginjak rem sol akan terus menerus tertekan dan menjadi cepat rusak.

Menggunakan sandal saat menyetir akan lebih baik. Lalu, bagi Anda yang menggunakan kedaraan umum, saat pergi ke kantor bisa menggunakan sandal terlebih dulu. Ketika sampai kantor, baru kenakan sepatu favorit.

– Jangan biarkan lembab
Jika terkena air hujan atau lembab karena keringat, angin-anginkan sebentar sepatu hingga kering. Bersihkan hingga tidak ada kotoran yang tertinggal baru simpan di kotaknya. Untuk menghidarinya dari jamur letakkan silica gel atau kapur barus dalam kotak untuk menyerap lembab.

– Ganti sol secara teratur
Ganti sol sepatu minimal satu tahun sekali untuk menjaga bagian tumit dari kerusakan parah. Anda juga bisa menambahkan lapisan metal pada stiletto agar lebih kuat.

– Jangan menumpuk sepatu
Jangan tumpuk sepatu begitu saja tanpa kotak. Ini bisa merusak bahan dan solnya. Menumpuk sepatu berkotak-kotak juga akan merusak sepatu berada di bawahnya. Sebaiknya, gunakan rak khusus untuk menyimpan sepatu.

Sumber : Vivanews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s