Sandal Handuk kita Laku di Jepang

Sandal Handuk kita laku dipasaran Jepang, seperti diungkapkan , salah satu penanggung jawab  Booth pada gelar Produk Sepatu dan kulit Indonesia 2010.  Maman AB, mengatakan bahwa setiap bulan, ribuan pasang sandal dikirim melalui Pelabuhan Tanjung Priok ke Jepang. Tahun 2009, ekspor ke Negeri Matahari Terbit itu mencapai 680.000 pasang. “Tiap bulan bisa mencapai 60.000-an,” katanya kepada Kompas.com.

Maman mengatakan, sandal-sandal ini laku di Jepang karena kebiasaan masyarakat Jepang menggunakan alas kaki di dalam rumah. Oleh karena itu, berbagai bentuk sandal rumahan, mulai dari sandal handuk sampai sandal berhak rendah beraneka warna dibuat. Alhasil, pesanan terus bertambah.

Tak hanya ke Jepang, tapi juga di dalam negeri, baik oleh penginapan-penginapan ternama maupun pesanan penjualan atau suvenir pernikahan. Harganya pun tidak terlalu mahal. Sandal handuk standar seperti yang ada di hotel-hotel dijual Rp 6.000-Rp 9.000 per pasang untuk minimal pesanan 500 pasang.

Untuk model yang lebih elegan dan lebih tebal, bahan handuknya dijual hingga harga Rp 20.000 untuk minimal pesanan 200 pasang. Namun, ternyata, meski sandal-sandal tersebut dibuat di kawasan Jalan Mekar Raya Kav 29 Gedebage Bandung, pemiliknya adalah orang Jepang.

Tiap tiga bulan sekali, keluarga Ikeda datang ke Indonesia untuk memantau usahanya. Usaha ini berdiri pada 14 Agustus 1989 dan terus bertahan. Bahkan, usaha ini bisa menciptakan lapangan kerja. Maman mengatakan, pegawainya sudah mencapai 130 orang. “Lumayanlah bisa jangkau kerja saudara-saudara di sana,” tandasnya.

elapak.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s