Cara Benar Memakai Sandal Jepit agar Kaki Anda Sehat

Sandal jepit sangat memasyarakat, siapapun pasti memakainya, di rumah atau bahkan di kantor sekalipun. Tetapi, disarankan jangan mengenakan sandal jepit terlalu lama, apalagi saat anda berjalan cukup jauh. Karena terlalu lama memakai sandal jepit akan mempengaruhi kesehatan kaki.

Justin Shroyer, asisten profesor kinesiology di University of Louisiana-Lafayette, mengatakan, sandal jepit yang baik seharusnya yang lebih mampu menahan kaki pada alasnya. Untuk itu, pakailah sandal jepit dengan penutup tumit dan lengkungan pada telapak kaki (mengikuti kontur pada telapak kaki). “Semakin jarang kaki Anda bergeser, semakin baik kaki dan tungkai Anda,” katanya.

Penemuan ini didapat setelah mempelajari lebih dari 100 orang yang mengenakan sandal jepit, dan mengamati bagaimana sandal tersebut memengaruhi kaki dan tungkainya. Penemuan itu dipresentasikan di pertemuan tahunan American College of Sports Medicine di Baltimore.

Ketika mengenakan sandal jepit, otot-otot pada bagian depan tulang keringnya (tibialis anterior) bekerja lebih keras daripada saat bertelanjang kaki. Peningkatan aktivitas otot ini kemungkinan terjadi karena jari-jari kaki mencoba menjepit sandal supaya sandal tidak “lari” ke mana-mana.

Sandal jepit memendekkan langkah menyebabkan rasa sakit pada bagian kaki yang lebih rendah. Menurutnya, sandal jepit yang dilindungi dengan penutup tumit dan lengkungan pada telapak kaki bisa membantu pemakai  berjalan lebih natural.  “Semakin sandal ini mampu menyesuaikan kaki Anda, semakin baik juga kondisi kaki dan tungkai Anda. Jika sandal itu longgar, kaki harus bekerja lebih keras untuk menjaga sandal tidak lepas,” terangnya.

Penelitian Shroyer didukung oleh Dr Rock Positano. Direktur Non-surgical Foot and Ankle Service di Hospital for Special Surgery ini mengatakan, tanpa dukungan solid di bawah kaki, kaki akan kehilangan kemampuan meredam kejutan. Kaki bagian bawah, tulang kering, lutut, pinggul, dan punggung harus bekerja ekstra untuk mendukungnya.

Menurutnya, beberapa tipe patologis kaki (seperti telapak yang memiliki lengkungan, atau telapak yang rata) membuat orang mudah terkena masalah pada kaki dan pergelangan. Beberapa problem jangka pendek yang akan dialami, contohnya, rasa sakit pada tumit atau telapak, urat, dan tulang kering, serta keseleo, atau cedera pada jari kaki. Sedangkan problem jangka panjang kemungkinan retak, ibu jari membengkak, jari kaki bengkok, atau pertumbuhan tumor pada saraf kaki.

Shroyer tidak menyarankan memakai sandal jepit jika hendak berjalan dalam jarak jauh. Hal ini akan menyebabkan otot tulang kering bekerja makin keras.  Akan lebih baik bila  mengenakan sepatu olahraga dengan struktur yang baik. Selain itu, pilihlah sandal jepit dengan tali yang lebar.

Kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s